Penyebab Tetap Mengantuk Meski Sudah Minum Kopi

Mengatasi rasa kantuk atau membantu tubuh tetap terjaga dengan minum kopi merupakan hal yang sering di lakukan oleh kita semua.

Karena kopi mengandung kafein yang bisa membantu meningkatkan kinerja tubuh, seperti detak jantung, tekanan darah, dan metabolism sehingga tubuh tetap terjaga.

Baca juga : Ini Spesifikasi Pc Game Kena: Bridge of Spirits

Namun, untuk sebagian orang merasa setelah minum kopi tidak memberikan pengaruh terhadap mereka. Melansir kopi?page=all”>Kompas.com, Senin (28/6/2021), terdapat setidaknya tiga alasan mengapa seseorang tetap mengantuk meski sudah minum kopi.

  1. Hal genetika

Menurut pendidik perawat di Nurse Together, Jenna Liphart Rhoads, genetika memainkan peran penting dalam sensitivitas kafein. Genetika memastikan seberapa efektif reseptor adenosine (neurotransmitter yang mendorong badan untuk tidur) mengikat kafein.

Genetika juga menentukan seberapa cepat seseorang mampu merasakan efek kafein dan berapa lama efek tersebut bertahan di tubuh.

Studi pada 2011 lalu menemukan bahwa ada 10 persen orang memiliki gen yang membuat mereka kurang sensitif terhadap kafein. Hal ini mungkin membuat kelompok tersebut tidak bisa merasakan efek kafein meski sudah meminum kopi atau makanan yang mengandung kafein dalam porsi besar.

  1. Toleransi pada kopi

Dosis maksimal yang direkomendasikan untuk konsumsi kafein yaitu 400 miligram kafein. Atau setara dengan 4 cangkir kopi per hari.

Apabila satu orang tidak merasakan dampak kafein setelah mengkonsumsi dosis maksimal, artinya badan tengah membangun toleransi yang tinggi kepada kafein. Kalau hal ini Berlangsung, coba buat mengurangi konsumsi kafein dengan cara perlahan.

Ahli gizi Morgyn Clain mengemukakan bahwa toleransi pada kopi dapat diminimalisir dengan mengurangi konsumsi kafein.

  1. Kelelahan

Jika kondisi badan sudah terlalu lelah dapat di pastikan seseorang akan tetap mengantuk meskipun telah minum kopi.

Jenna Liphart Rhoads mengemukakan kalau seorang sedang di dalam kondisi kelelahan yang ekstrem, kafein tidak cukup membuat badan terjaga. Sebab, badan membutuhkan istirahat, ialah dengan tidur yang cukup.

Source : https://www.kompas.tv/article/187708/sudah-minum-kopi-tapi-tetap-mengantuk-ini-alasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *