Permukaan Planet Venus Dari Jarak Dekat

Apakah anda sudah tahu bagaimana gambaran dari planet Venus? Berkat misi seperti Venera, sekarang kita bisa tahu bagaimana kondisi permukaan planet tersebut. Lalu seperti apa penampakannya dari jarak dekat?

Planet venus merupakan salah satu objek yang menarik di Tata Surya. Gambaran venus lebih sering di gambarkan seperti neraka. Permukaannya seperti gurun tandus yang sangat panas bahkan bisa melelehkan timah.

Baca juga : Tips Foto Makanan dan Benda Keren Hanya Pakai Kamera Smartphone

Venera adalah serangkaian satelit yang diluncurkan oleh Uni Soviet mulai tahun 1970-an hingga 1980-an untuk mempelajari lingkungan Venus. Satelit ini juga merupakan program yang daat di pergunakan untuk mendapatkan foto jarak dekat pertama permukaan planet selain bumi, Di kutip dari Pop Science.

Selama misi terjadi, 13 probe berhasil mencapai Venus dan mengirimkan data tentang tetangga Bumi tersebut. Delapan di antaranya berhasil mendarat di permukaan, dan empat probe berhasil menangkap foto yang cukup luar biasa.

Venera 7, pesawat luar angkasa pengorbit pertama dengan pendarat di belakangnya, diluncurkan pada 17 Agustus 1970. Setelah empat bulan transit ke Venus, wahana pendaratan memisahkan pengorbit dan terjun ke atmosfer tebal Venus.

Pesawat berhasil mendarat, dan data di transmisikan dari permukaan selama sedetik sebelum sinyal gagal. Atmosfer Venus cukup memperlambat pendarat pada 29 menit terakhir penurunannya.

Terkait dengan analisi pasca-penerbangan dari sinyal radio yang di rekam mengungkapkan bahwa wahana itu telah di mentransmisikan data selama 23 menit sebelum menyerah dengan lingkungan Venus.

Selanjutnya misi Venera 8 di luncurkan pada 27 Maret 1972. Probe tersebut sukses mencapai dengan mulus dan mengirimkan data kembali ke Bumi selama 63 menit. Di lanjutkan dengan Venera 9 luncur pada Juni 1975 menjadi misi pertama dalam mengambil gambar permukaan Venus. Namun hanya mampu memotret 180 derajat dengan kamera yang semula telah direncanakan untuk bisa mengambil gambar paorama 360 derajat.

Venera 10 mengikuti jejak Venera 9 yang mencapai permukaan pada Oktober di tahun yang sama. Lagi-lagi lensa hanya bisa merekam gambar panorama 180 derajat sebelum hasilnya tak berkutik setelah 65 menit berada di permukaan Venus. Misi tersebut berlanjut hingga Hasilnya, Venera 14 bisa mengabadikan gambar panorama Venus dengan cara utuh.

Kerja keras yang di lalui menghasilkan gambar yang berguna untuk penelitian planet yang dulu di sebut sebagai kembaran Bumi. NASA membuat gambar Venus dari peta radar, dari misi NASA Magellan abad ke 21.

Gambar Venus jarak dekat dari misi Venera pun di poles agar bisa di lihat ke generasi selanjutnya. Foto permukaan Venus mungkin tidak semenarik dari pemandangan Mars. Mengingat betapa panasnya planet ini, di tambah dengan tekanan atmosfer 92 kali lipat dari Bumi. Tidak mudah untuk bertahan demi mengambil gambar. Foto-foto Venus pun menjadi harta tak ternilai untuk pengetahuan.

Source : https://inet.detik.com/science/d-5551546/foto-permukaan-venus-jarak-dekat-yang-disebut-mirip-neraka?tag_from=wp_nhl_3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *